Translate

Jumat, 03 Mei 2013

PELAJARAN KOMPUTER DAN MEDIA PEMBELAJARAN



Di Universitas Terbuka segala sesuatu yang berkaitan dengan tentang pelajaran komputer dan media pembelajaran sangat penting. Di era zaman sekarang komputer justru sebagai media pembelajaran yang banyak diminati berbagai kalangan. Baik anak-anak, remaja, dewasa, maupun tua. Maka dari itu, universitas terbuka memberikan kontribusi kepada mahasiswa untuk belajar komputer dan sebagai media pembelajaran di masa yang akan dating.
            Zaman semakin lama semakin canggih teknologi informasi dan komunikasi berkembang sangat pesat. Istilah teknologi muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi. Sehingga perpaduan perpaduan antara teknologi komputer dengan teknologi komunikasi berkembang sangat pesat sehingga melampui bidang yang lainnya.
            Dengan adanya kemajuan teknologi terutama di bidang komputer. Segala macam penyimpanan data bisa dilakukan di computer, atau dengan cara komputerisasi. Misalnya tugas ini dosen menyuruh mahasiswanya untuk menyetorkan tugas langsung melalui lembaran kertas untuk disetorkan ke dosen pembimbing. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi berbeda, teknologi lebih canggih yaitu dengan menyetorkan melalui e-mail (surat elektronik). Maka dari itu, segala bentuk kegiatan baik secara langsung maupun tidak langsung bisa dilakukan dengan TIK.
            Di kampus-kampus pendidikan yang diajarkan ke mahasiswanya hanya 25% penjelasan dari dosen, kemudian yang 75% belajar mandiri/ individual. Terkadang mahasiswa yang penjelasannya kurang memahami sepenuhnya, mahasiswa mencari literature yang lain misalnya di internet. Internet berperan penting demi kelancaran pendidikan. Maka, informasi yang disajikan di internet belum tentu semunya benar, terkadang hanya berimajinasi saja.
            Tidak salah di kampus-kampus dosen hanya memberikan penjelasan sedikit dibandingkan dengan belajar mandiri dikarenakan waktu yang disediakan untuk menjelaskan keseluruhannya tidak cukup, dibandingkan dengan belajar mandiri. Biasanya kampus memberikan waktu 1.30-2 jam untuk penjelasan di ruang kampus. Terkadang hanya materi pokok yang dijadikan penjelasan yang lainnya belajar mandiri.
            Kelengkapan-kelengkapan sarana penting demi kelangsungan pendidikan. Terutama di Universitas Terbuka pada pelajaran komputer dan media pembelajaran literatur pada pelajaran tersebut sangat lengkap dibandingkan dengan literatur yang lainnya. Literatur tersebut lengkap dikarenakan banyak yang dijadikan media pembelajaran di Sekolah Dasar. Dengan begitu, saya sendiri sangat bahagia bisa bertemu dengan pelajaran komputer dan media pembelajaran. Apalagi pada pelajaran komputer dan media pembelajaran ini dilengkapi dengan sarana yang lengkap sebagai media praktek demi kelancaran proses belajar dan pembelajaran. Misalnya sarana komputer dan laptop. Sehingga motivasi mahasiswa dalam proses belajar dan pembelajaran memacu untuk meningkat kualitas mahasiswa. Maka dari itu, payung pada pelajaran komputer dan media pembelajaran adalah sarana yang memadahi.


Tidak ada komentar :